Masalah Desa

Infrasrtuktur

Kondisi akses jalan di Dusun Nangger sudah bagus dan telah diaspal. Pembuatan jalan ini awalnya berasal dari inisiatif masyarakat sendiri dengan menimbun jalan dengan bebatuan, kemudian dari kerja keras apel dan warga untuk memajukan desa, apel dan masyarakat mengajukan bantuan kepada pemerintah dan alhamdulillah respon dari pemerintah sangat baik sehinnga warga Dusun Nangger mendapatkan bantuan dari pemerintah sehingga akses jalan di Dusun Nangger dapat di aspal dan dapat mempermudah aktivitas masyarakat Dusun Nangger khususnya. Sedangkan untuk kondisi bangunan rumah warga di Dusun Nangger 50% adalah rumah dari kayu dan 50% lagi bangunan modern. Untuk masalah air masyarakat Dusun Nangger tidak perlu khawatir mengalami kekeringan di musim kemarau karena mayoritas masyarakat Dusun Nangger telah memiliki sumur masing-masing.

Infrastruktur di dusun Tlagah tidak begitu bagus khususnya jalan yang di buat akses warga untuk beraktivitas hampir rusak. Jalan ini sudah dibangun oleh pemerintah 4 tahun silam. Jadi, jalan ini sudah tidak sebaik dulu. Padahal, jalan ini merupakan akses utama dan paling penting bagi mereka karena ketika mereka mau bekerja dan melakukan aktivitas, hanya ada satu jalan akses yang mereka bisa gunakan. Selain itu, ada infrastruktur yang lain seperti rumah. Sebagian besar rumah warga dusun ini tembok. Mereka bisa membangun rumah yang agak mewah karena ada salah satu dari keluarga mereka yang berimgrasi ke luar negeri untuk memperindah rumah mereka dan menunjang perekonomian mereka. Sedangkan, bagi para petani yang mempunyai penghasilan di bawah rata-rata mempunyai rumah yang tebuat dari kayu atau bambu.

Kondisi akses jalan di Dusun Tangkat masih memprihatinkan, kondisi jalanannya sangat rusak serta tidak layak di gunakan tetapi masyarakat tetap menggunakannya karena akses jalan yang menuju dusun lainnya hanya jalan tersebut. Sedangkan untuk kondisi bangunan rumah warga di Dusun Tangkat 70% bangunan kayu dan 30% lagi bangunannya modern. Untuk masalah air masyarakat Dusun Tangkat tidak perlu khawatir mengalami kekeringan di musim kemarau karena mayoritas masyarakat Dusun Nangger telah memiliki sumur masing-masing. Pada Dusun Tangkat bangunan untuk ibadah atau masjid sama sekali tidak ada. Jadi saat mereka ingin beribadah mereka harus ke Dusun tetangga yakni Dusun Larangan dan Dusun Paseseh.

Dusun Lobuk sendiri terdapat SD Bumi Anyar ,terdapat Madrasah, Masjid, Puskesmas. Puskesmas itu sendiri buka dari jam 08.00-12-00. Kadang juga buka sampai sore tergantung dari ada atau tidaknya pasien yang datang. Untuk jalan, setiap ada kerusakan langsung diperbaiki, dan Dusun Lobuk sering mendapatkan bantuan paving dari pemerintah.

Keadaan jalan di Dusun Kwanyar sudah cukup baik dimana sebagian jalan sudah di aspal, sehingga memudahkan transportasi keluar masuknya mobil maupun kendaraan lainnya yang mengangkut hasil pertanian. Keadaan bangunan-bangunan yang terdapat di Dusun Kwanyar sebagian besar sudah permanen, hanya ada sebagian kecil rumah yang masih terbuat dari dinding tabing (anyaman bambu). Dalam bidang pertanian masyarakat dusun Kwanyar pernah mendapatkan bantuan bibit jagung dan juga mendapatkan bantuan sembako dari pemerintah.

Kondisi akses jalan di Dusun Prengkenek kurang layak. Meskipun sudah di aspal tetapi aspalnya sudah rusak dan bergelombang. untuk jalan setapak juga belum layak karena jalan belum d paving ataupun aspal.  Sedangkan untuk kondisi bangunan rumah warga di Dusun Prengkenek sudah bangunan modern. Banyak rumah besar-besar dan bagus.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »