Pertanian

Tanaman Bahan Makanan
Perekonomian merupakan tingkat pendapatan masyarakat yang juga mencakup status social masyarakat. Di Desa Bumi Anyar lebih dominan masyarakat tani. Hasil tani yang mereka panen nantinya akan dijual langsung ke pasar atau ke pengepul.

Total produksi padi di Kecamatan Tanjung Bumi Tahun 2008 mencapai 6.288,00  ton, terdiri dari 5.361,30 ton padi sawah dan 926,70 ton padi ladang. Dibanding tahun 2007, produksi padi sawah mengalami penuurnan sebesar  20,58  persen, sedangkan produksi padi lading tidak mengalami perubahan.
Pada periode yang sama produksi jagung dan ketela pohon mengalami peningkatan masing-masing sebesar 4,54 persen dan 24,69 persen.




Selain padi, terdapat melon dan semangka yang dihasilkan oleh Desa Bumi Anyar. Melon yang dihasilkan oleh Desa Bumi Anyar tersebut berbeda dengan melon lainnya, melon yang dihasilkan yaitu varieties rock melon. Kelebihan dari melon tersebut selain lebih manis, daging buahnya juga berwarna oren. Namun sayang sekali waktu pelaksanaan KKN kita sedang tidak musim melon sama semangka. Lebih tepatnya melon dan semangka tersebut sudah panen terlebih dahulu. Untuk budidaya melon ini, dilakukan di lahan 1,5 hektar dengan masa panen 65 hingga 70 hari. Untuk modalnya cukup mahal yakni, membutuhkan modal antara Rp 30 juta hingga Rp 40 juta. Namun, hasilnya sangat menguntungkan yakni, antara Rp 80 juta hingga Rp 85 juta dalam satu kali panen.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »