Profil Desa

Desa Bumi Anyar memiliki letak geografis dipesisir pantai. Sebelah Timur desa berbatasan langsung dengan Desa Trapang (Kec. Banyuates) dan memasuki area Kabupaten Sampang. Untuk daerah selatan, Desa Bumi Anyar berbatasan dengan Desa Tambak Pocok. Sedangkan sebelah barat Desa Bumi Anyar berbatasan dengan Desa Paseseh. Desa Bumi Anyar memiliki 6 dusun, yaitu: Dusun Kwanyar, Tangkat, Nangger, Prengkenek, Tlagah, dan Dusun Lobuk. Jarak antar dusun dapat dikatakan mudah untuk dijangkau dikarenakan letaknya yang berada di samping jalan raya, sehingga komunikasi antar dusun dapat dikatakan terjalin dengan baik.  Adapun jarak antar dusun tersebut berkisar 1-2 km, dan bisa diakses dengan sepeda motor. Namun, di beberapa akses jalan menuju Dusun masih perlu untuk perbaikan.
Dari survey yang telah dilakukan, diketahui bahwa kehidupan sosial masyarakat Desa Bumi Anyar rata-rata adalah petani akan tetapi ada juga yang melakukan kegiatan home industry seperti membuat gif, batu nisan, dan usaha mebel, ada pula yang menxcari nafkah drengan merantau ke luar negeri seperti Malaysia dan Arab Saudi. Kondisi perekonomian masyarakat Desa Bumi Anyar sangat beragam dari tingkat kebawah, mengengah hingga keatas.
Bumi Anyar merupakan salah satu desa di Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan. Desa Bumi Anyar mempunyai potensi di bidang pertanian dan kelautan yang setiap dusun umumnya berbeda-beda. Di Dusun Pereng Kenek dan Tlagah hasil pertanian yang menonjol yaitu padi dan jagung. Dusun Nangger hasil pertaniannya meliputi semangka, kacang hijau, kacang tanah dan padi.  Dusun Kwanyar cenderung menanam melon dan jambu mente namun jambu mente tersebut pertumbuhannya kurang baik sehingga tidak berbuah, di Dusun Tangkat juga dapat ditemui tanaman melon. Di dusun Lobuk terdapat tambak garam dan tambak udang, dengan adanya tambak garam terdapat kendala dalam penanaman padi. Tanaman padi masyarakat di sekitar Dusun Lobuk banyak yang mati, sehingga masyarakat cenderung memelihara sapi.
Sedangkan dari segi pendidikan, di Desa Bumi Anyar terdapat dua SD (SDN BumiAnyar 01 dan SDN Bumi Anyar 02), satu SMP (SMP 2 TANJUNG BUMI) dan 3 Madrasah Ibtidaiyah yang terletak di Dusun Nangger, Dusun Lobuk, dan Dusun Pereng Kenek.
Petani di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, kini mulai mengembangkan tanaman melon, karena jenis tanaman ini lebih mudah perawatannya dan sangat dibutuhkan masyarakat. Dari beberapa desa yang ada di Kabupaten Bangkalan hanya di Desa Bumi Anyar yang menghasilkan buah melon dan semangka. Melon yang dihasilkan oleh Desa Bumi Anyar tersebut berbeda dengan melon lainnya, melon yang dihasilkan yaitu varieties rock melon. Kelebihan dari melon tersebut selain lebih manis, daging buahnya juga berwarna oranye. Namun sayang sekali pasda saat pelaksanaan KKN Tematik 2016 sedang tidak musim melon dan semangka. Lebih tepatnya melon dan semangka tersebut sudah panen terlebih dahulu. Untuk budidaya melon ini, dilakukan di lahan 1,5 hektar dengan masa panen 65 hingga 70 hari. Modal yang dibutuhkan untuk bertani melon sendiri cukup mahal yakni sekitar Rp 30 juta hingga Rp 40 juta. Namun, hasilnya sangat menguntungkan yakni, antara Rp 80 juta hingga Rp 85 juta dalam satu kali panen.
Berdasarkan data penduduk yang telah diterima, jumlah penduduk Desa bumi Anyar yaitu 2.396 jiwa yang mencakup semua gender, pria-wanita, tua-muda, kecil-dewasa. Mayoritas warga Desa ini adalah muslim, dan hal tersebut didukung dengan kondisi sosial-budaya yang melekatnya tradisi Islam disekitar desa dan adanya musholla-musholla kecil hampir di seluruh rumah warga, serta pendidikan bernuansa Islam warga Bumi Anyar yang memilih untuk belajar di instansi pendidikan non formal seperti madrasah diniyah yang dilaksanakan pada siang hari pukul 14.00 WIB. Untuk data pendidikan terakhir yang ditempuh oleh masyarakat Desa Bumi Anyar yaitu:


No Keterangan Jumlah
1 Penduduk usia 10 th ke atas yang buta huruf 139 Orang
2 Penduduk tidak tamat SD/sederajat 72 Orang
3 Penduduk Tamat SD/sederajat 399 Orang
4 Penduduk Tamat SLTP/sederajat 102 Orang
5 Penduduk Tamat SLTA/sederajat 69 Orang
6 Penduduk Tamat D – 1
7 Penduduk Tamat D – 2
8 Penduduk Tamat D – 3 11 Orang
9 Penduduk Tamat S – 1 9 Orang 
10 Penduduk Tamat S – 2
11 Penduduk Tamat S – 3

Mengenai fasilitas Lembaga Pemerintahan dan Kemasyarakatan di Desa Bumi Anyar kurang memadai, diantaranya tidak adanya Kantor Balai Desa/ Kantor Kelurahan, BPD, Gedung Pertemuan Desa, Kantor PKK dan Kantor LPM/LKMD. Yang ada hanya Kantor Desa, untuk itu perlu mendapat perhatian dan perlu pembangunan untuk kantor tersebut agar sistem Pemerintahan Desa dapat berjalan lebih baik. Selain itu, mengenai sarana penghubung antar Desa tersebut perlu mendapat perhatian dari Pemerintah, dikarenakan akses yang kurang begitu memadai. Di Desa Bumi Anyar perlu adanya pengaktifan kembali untuk kegiatan posyandu, dikarenakan sudah lama tidak aktif lagi dan perlu adanya untuk perawatan kembali puskesmas yang berada di samping kiri jalan supaya bisa dijalankan sesuai dengan kegunaan dan fungsinya.
Untuk data terakhir tahun 2016 yang kita peroleh untuk masyarakat Bumi Anyar jumlah laki-laki 2,094 juta jiwa sedangkan untuk perempuannya 1,968 juta jiwa. Jadi, total perempuan dan laki-laki sebanyak 4,062 juta jiwa. Sedangkan untuk jumlah KK sebanyak 1,160.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »