Seminar Tentang Bahaya Narkoba

Narkoba (singkatan dari Narkotika, Psikotropika, dan Bahan Adiktif Berbahaya lainnya) adalah bahan/zat apabila dimasukkan dalam tubuh manusia, baik secara oral/diminum, dihirup maupun disuntikkan sehingga dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan dan perilaku seseorang. Narkoba dapat menimbulkan ketergantungan (adiksi) fisik dan psikologis. Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa sakit dan dapat menimbulkan ketergantungan.
Bahaya narkoba sudah menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat, khususnya di desa Bumi Anyar. Berbagai kampanye anti narkoba dan penanggulangan terhadap orang-orang yang ingin sembuh dari ketergantungan narkoba semakin banyak di dengung-dengungkan. Sebab, penyalahgunaan narkoba bisa membahayakan bagi keluarga, masyarakat, dan masa depan bangsa.
Dampak narkoba jika di salah gunakan seperti halnya singkatan kata tersebut NARKOBA (narkotika dan obat/bahan berbahaya), memang sangatlah berbahaya bagi manusia. Narkoba dapat merusak kesehatan manusia baik secara fisik, emosi, maupun perilaku pemakainya. Walaupun semua kecenderungan itu wajar-wajar saja, tetapi hal itu biasanya juga memudahkan seseorang untuk terdorong menyalahgunakan narkoba.
Berdasarkan survey yang dilakukan di desa Bumi Anyar di dapatkan informasi bahwa banyak para kalangan pemuda yang sudah terjerat dengan jenis-jenis narkoba, berawal dari rasa ingin tahu, mencoba-coba dan ajakan dari teman-teman sepermainan membuat para pemuda di desa Bumi Anyar menjadi pengkonsumsi oabt-obatan terlarag tersebut.
Oleh karena kondisi tersebut sangat diperlukan adanya seminar mengenai bahaya dari narkoba di desa Bumi Anyar. Khusunya dikalangan Generasi Muda guna memperbaiki moral pemuda masa kini untuk tidak mengkonsumsi narkoba agar dapat menjadi penerus bangsa yang berakhlak mulia, kegiatan ini diselenggarakan karena ingin memberikan penjelasan dan pemahaman bagi para pemuda akan bahaya narkoba, serta untuk memperkuat moral dan kepribadian yang di miliki para pemuda atau mahasiswa.
Sasaran dari pelaksanaan kegiatan seminar tentang bahaya narkoba ini adalah para pemuda dan remaja yang ada di Desa Bumi Anyar kecamatan Tanjung Bumi Kecamatan Bangkalan.
Metode merupakan langkah teknisi yang dilakukan dalam melaksanakan suatau kegiatan, sehingga kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan baik. Pelaksanaan kegiatan seminar tentang bahaya narkoba ini metode pelaksanaanya melalui bebrapa tahap yaitu :
1.    Tahap Persiapan
Tahap persiapan merupakan tahap awal dimana pelaksanaan kegiatan seminar tentang bahaya narkoba dimana pada tahap ini dilakukan penentuan lokasi seminar, pengiriman surat dan pemberitahuan kepada pihak BNN kabupaten Bangkalan.
2.    Tahap Pelaksanaan
Langkah awal yang dilakukan pada pelaksanaan kegiatan seminar tentang bahaya narkoba adalah melakukan soaialisasi kepada warga Bumi Anyar tentang dampak yang akan ditimbulkan dari pemakaian narkoba. Setelah dilakukan sosilaisasi selanjutnya dilakukan arahan kepada warga desa Bumi anyar khususnyakaum pemuda untuk mengikuti seminar yang akan diadakan, setelah itu di lanjutkan dengan kegiatan seminar tentang bahaya narkoba selama satu hari.
3.    Tahap Evaluasi
Tahap dalam mengadakan evaluasi, terdapat beberapa hal yang harus dibahas yaitu mengenai hal-hal apa saja yang menjadi bahan evaluasi, bagaimana proses evaluasi, kapan evaluasi didakan, mengapa perlu diadakan evaluasi, dimana proses evaluasi diadakan, dan pihak mana yang mengadakan evaluasi. Evaluasi “Seminar Tentang Bahaya Narkoba” dilkakukan setelah kegiatan seminar selesai. Dengan mengadakan evaluasi ini akan diketahui apakah kegitan yang kita laksanakan dapat berhasil atau tidak.
a.    Media
Dalam pelkasanaan seminar tentang bahaya narkoba memerlukan beberapa media dalam pelaksanaannya yaitu, komputer/laptop, LCD Proyektor

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »