Monday, July 8, 2019

Kelompok 10 KKN Mandiri UTM Desa Bumi Anyar




      Program KKN (Kuliah Kerja Nyata) merupakan program yang tersedia pada sistem akademik di hampir setiap universitas di Indonesia. Program ini merupakan ajang bagi teman-teman mahasiswa untuk membuktikan kemampuannya dalam berkomunikasi dan beradaptasi dengan masyarakat secara langsung di desa-desa yang sudah bekerjasama dengan pihak universitas. Program ini umumnya berlangsung selama kurang lebih 30 hari. Selama waktu yang diberikan tersebut teman-teman mahasiswa dituntut untuk dapat menampung keluhan-keluhan dari masyarakat desa serta selanjutnya mampu memberikan solusi atas masalah-malasah tersebut. Selain itu, teman-teman mahasiswa juga diharapkan mampu mengggali potensi terpendam yang dimiliki oleh desa yang mereka tempati, serta mampu mengangkatnya ke permukaan sehingga dapat menjadi suatu produk unggulan desa dan menjadi sumber pemasukan baru bagi warga desa sekitar. 

       KKN di Universitas Trunojoyo Madura (UTM) pada semester kali ini dimulai sejak tanggal 1 Juli 2019. KKN kali ini menggunakan sistem KKN mandiri. Jadi teman-teman mahasiswa UTM diberikan kebebasan untuk memilih, baik memilih orang-orang yang akan dijadikan teman kelompok maupun memilih desa yang akan ditempati untuk menjalankan program KKN. Pihak universitas hanya menyediakan daftar nama-nama desa yang sudah melakukan kerja sama dengan mereka, yang bisa menjadi referensi bagi teman-teman mahasiswa untuk menentukan desa tujuan mereka.

       Pada KKN semester kali ini, kelompok 10 KKN mandiri UTM memilih Desa Bumi Anyar sebagai desa yang ditempati untuk menjalankan program-program kerja yang sudah dirancang dalam rangka memenuhi kriteria kelulusan program KKN mandiri 2019 UTM. Desa Bumi Anyar terletak di Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan. Puji syukur kepada Tuhan yang maha esa, karena dengan limpahan rahmatnya , masyarakat desa Bumi Anyar dapat menerima dengan baik kedatangan kelompok 10 KKN mandiri UTM. Harapan kami kelompok 10 KKN mandiri UTM adalah dapat menjalankan semua program yang telah disusun serta dapat memberikan dampak positif yang berujung pada kemajuan desa Bumi Anyar.






Penulis : AB (PokemonAir)

No comments:

Post a Comment