Monday, July 22, 2019

Pantai Bumi Anyar Surga Senja Di Pesisir Perbatasan

     Beberapa hari setelah tiba di Desa Bumi Anyar, KKN 10 UTM berkeliling desa serta berkomunikasi sembari menjalin tali silaturahmi dengan warga desa. Berhari-hari berkunjung ke rumah-rumah warga di desa yang terdiri dari 6 dusun ini, teman-teman KKN 10 UTM banyak bertukar cerita, informasi, dan pengalaman dengan warga setempat. Tak lupa pula warga desa menyampaikan keluh kesah yang mereka hadapi dalam kehidupan sehari-hari, dengan harapan agar teman-teman KKN 10 UTM mampu membantu menemukan solusi baru atas masalah-masalah yang selama ini cukup sulit untuk mereka selesaikan. Berbagai masalah dari berbagai bidang kehidupan pun kami tamping dan diskusikan bersama guna mencari solusi baru yang mungkin dapat membantu memecahkan masalah yang selama ini menghantui masyarakat desa Bumi Anyar.

     Salah satu yang kami prioritaskan yaitu di bidang pariwisata. Setelah berkomunikasi dengan masyarakat setempat kami mendapatkan informasi baik dari para warga maupun dari perangkat desa serta kepala desa Bumi Anyar terkait adanya spot pariwisata yang sebenarnya berpotensi menjadi salah satu tempat wisata yang akan mampu menarik banyak wisatawan, yaitu Pantai Bumi Anyar yang terletak di Dusun Lobuk, Desa Bumi Anyar, Kecamatan Tanjung Bumi. Mendengar informasi tersebut, kami segera melakukan suvey langsung ke lokasi pantai yang disebutkan tadi. Dan ternyata benar apa yang masyarakat setempat sampaikan, pantai yang terletak di pesisir utara perbatasan antara Kabupaten Bangkalan dan Kabupaten Sampang ini memiliki hal-hal yang memang berpotensi besar dapat membuat pantai ini menjadi objek wisata yang laris manis akan pengunjung. Air yang jernih, sebagian spot yang masih ditutupi rerumputan, pohon-pohon rindang yang teduh, serta paling utama adalah lokasi matahari terbenam yang ketika waktu menjelang sore akan menjadi spot berfoto yang indah dan dapat menjadi daya tarik para penggemar fotografi terlebih para pecinta senja.

     Satu hal yang sangat disayangkan yaitu tingkat kesadaran dan kepedulian warga dusun setempat terlebih warga sekitar pesisir pantai yang masih rendah akan tingginya potensi wisata yang dimiliki pantai Bumi Anyar. Sejauh ini warga pesisir hanya memanfaatkan pantai Bumi Anyar sebagai tempat pemberangkatan kapal nelayan dan bahkan warga sekitar pantai masih menjadikan pantai Bumi Anyar sebagai lokasi pembuangan sampah akhir, sehingga menurunkan nilai estetika dan keindahan dari Pantai Bumi Anyar itu sendiri. Harapan kami dari kelompok KKN 10 UTM adalah dengan upaya awal kami memperkenalkan indahnya Pantai Bumi Anyar ke dunia luar, dapat menarik perhatian dari banyak pihak seperti para wisatawan, pemernitah daerah, bahkan para investor yang mungkin akan berminat mengembangkan wisata pantai Bumi Anyar. Serta semoga warga setempat semakin sadar diri dan bersemangat dalam menjaga keindahan Pantai Bumi Anyar.




 
Penulis : AB (PokemonAir)

No comments:

Post a Comment