Monday, July 22, 2019

Pembelajaran Dasar Ilmu Komputer

          Salah satu lembaga pendidikan yang menjadi tempat kami menjalankan program kerja yang telah kami susun adalah SMP Negeri 2 Tanjung Bumi. Salah satu sekolah tingkat menengah yang ada di Kecamatan Tanjung Bumi ini terletak di daerah perbatasan antara Kabupaten Bangkalan dengan Kabupaten Sampang. Lokasi yang terletak di daerah perbatasan tersebut, menjadi salah satu faktor yang menyebabkan sekolah tersebut tidak memiliki cukup banyak murid pendaftar di setiap tahun nya. Selain juga karena faktor-faktor lain seperti cukup banyaknya lembaga-lembaga pendidikan swasta yang memecah pilihan siswa siswi desa Bumi Anyar dalam menentukan sekolah lanjutan mereka pasca lulus dari sekolah dasar.
 

       Melihat kondisi tersebut, pemerintah tidak semerta-merta mengabaikan sekolah perbatasan ini. Pemerintah cukup baik dalam memfasilitasi segala kebutuhan akademik yang diperlukan para murid sekolah menengah pertama ini. Mulai dari gedung yang mendapatkan biaya perawatan yang rutin setiap tahunnya, media pembelajaran yang cukup memadai, dan juga unti computer yang cukup lengkap dan berkwalitas tinggi untuk menyetarakan ujian kelulusan akhir yang belakangan ini hampir seluruh sekolah di Indonesia sudah melaksanakannya dalam berntuk berbasis komputer.
          Setelah berkomunikasi dengan para guru dan murid, kami akhirnya tahu bahwa beberapa fasilitas yang telah pemerintah sediakan tidak berfungsi dengan baik seperti yang seharusnya. Terutama di penggunaan unit komputer sebagai media pembelajaran yang masih sangat minim. Kurangnya minat siswa siswi untuk belajar lebih dalam lagi mengenai pengetahuan komputer juga tak lepas dari kurangnya inisiasi dari pihak dewan guru untuk mengajak para siswa agar lebih berminat untuk mempelajari pengetahuan komputer.


         Memanfaatkan antusiasme yang tinggi dari para siswa terhadap kedatangan kami, terpikirkan sebuah ide untuk memberikan beberapa pengetahuan dasar tentang ilmu komputer yang kami pikir cukup penting sebagai pondasi awal para siswa untuk melanjutkan pendidikan mereka ke tingkat yang lebih tinggi. Kami pun beberapa kali mencoba menawarkan pembelajaran dasar ilmu komputer kepada para siswa, terutama kelas 8 & kelas 9. Dan ternyata sekali lagi kami mendapatkan respon yang cukup positif dari para pelajar sekolah menengah pertama ini. Para siswa sangat antusias dan tertarik dengan pembelajaran yang kami berikan, dan kami pun merasa senang karena apa yang ingin kami berikan ternyata diterima cukup baik oleh para siswa siswi harapan bangsa tersebut.
 
 
 
 
 
Penulis : AB (PokemonAir)

No comments:

Post a Comment