Thursday, January 9, 2020

FESTIVAL LAYANG-LAYANG PAMERKAN PESONA PANTAI LOBUK


   
   Akhir pekan warga Bumianyar kali ini dimeriahkan oleh festival layang-layang yang diadakan oleh Abdimas 16 UTM. Kegiatan yang diadakan di Pantai Lobuk, Desa Bumianyar Kabupaten Bangkalan ini cukup menarik antusiasme warga desa Bumianyar, Puluhan warga berbondong-bondong memadati Pantai Lobuk, ada yang mendukung jagoan meraka atau hanya sekedar menyaksikan peserta festival yang menerbangkan layangannya. Puluhan layang-layang dengan berbagai macam varian ukuran tampak menghiasi langit Pantai Lobuk di Desa Bumianyar, Kecamatan Tanjungbumi, Kabupaten Bangkalan. Tak hanya itu, beragam bentuk layangan mulai dari bentuk hewan hingga tokoh animasi tampak melayang diatas langit pantai tersebut.
    Koordinator desa Abdimas 16 UTM, Hilmy Naufal menjelaskan bahwa festival ini adalah salah satu program kerja Abdimas 16 UTM yang bertujuan untuk memamerkan keindahan Pantai Lobuk sebagai destinasi wisata baru di daerah Bangkalan yang saat ini sedang Dalam pengembangan. Selain itu festival ini juga merupakan wadah bagi masyarakat Desa Bumianyar yang sebagian besar memiliki hobi menerbangkan layang-layang. 
   Acara festival layang-layang ini diawali pidato singkat dan juga penerbangan layang-layang oleh Bapak Hartono selaku Kepala Desa Bumianyar yang kemudian secara serentak diikuti oleh seluruh peserta festival layang-layang. Dalam pidato singkatnya, beliau menyampaikan harapan besarnya agar Pantai Lobuk dapat menjadi destinasi wisata yang diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. “jika Pantai Lobuk dikunjungi oleh banyak wisatawan tentu saja hal ini akan berpengaruh besar pada perekonomian warga Bumianyar karena terbukanya lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat”, jelas beliau.


Festival layang-layang ini juga menjadi puncak acara dalam rangkaian kegiatan memeriahkan tahun baru 2020 yang telah diadakan diminggu sebelumnya. Dalam festival ini sembari peserta layang-layang menerbangkan layang-layangnya. Terdapat beberapa performance yang ditampilkan oleh Abdimas 16 UTM dan juga partisipasi warga sekitar. Selain itu juga pembagian hadiah dan game yang di pandu oleh pembawa acara turut menambah keceriaan pada festival ini.
   Kemeriahan festival kali ini tentu saja tidak disia-siakan oleh beberapa warga sekitar yang terlihat menjajakan daganganya. Begitupun Kak Rico, salah satu anggota Abdimas 16 UTM selaku penanggung jawab program kerja produk unggulan juga turut menjajakan produknya berupa keripik pisang dengan berbagai varian rasa dan juga pudot mangga yang langsung habis pada hari itu. Kemeriahan di akhir pekan ini tutup dengan pengumuman juara dan juga pembagian hadiah yang diserahkan langsung oleh Bapak Hartono selaku Kepala D esa Bumianyar. Selamat kepada para juara!. Bumianyar mari selalu bahagia. 

No comments:

Post a Comment