Friday, January 3, 2020

PESONA DESA BUMIANYAR

Pertanian
    Berbicara tentang pertanian di tanah Madura khususnya Kab. Bangkalan Kec.Tanjung Bumi. Berbagai macam cocok tanam yang dilakukan oleh masyarakat desa Bumianyar diantaranya padi, melon, semangka, mente, jagung, dan kacang. Pada musim tertentu masyarakat Bumianyar menggarap berbagai macam tanaman. Bertepatan pada awal tahun biasanya masyarakat lebih memelih bercocok tanam padi karena musim penghujan. Berbagai kekayaan alam yang sangat melimpah dan berbagai jenis tanah yang ada di desa Bumianyar ini, menjadikan desa Bumianyar banyak menghasilkan hasil alamnya. Salah satu hasil bumi yang sangat menonjol adalah buah melon dan semangka. Rasa yang manis dan buah yang besar menjadikan melon hasil dari desa Bumianyar sangat dikenal oleh masyarakat luar. Buah melon desa Bumianyar menjadi hal yang sangat dibanggakan oleh masyarakatnya sendiri. Hasil panen yang dihasilkan oleh masyarakat sendiri langsung dijual ke pasar tanpa diolah menjadi olahan yang lebih menguntungkan.

...

Perikanan
    Hal menarik yang perlu kita ketahui adalah bahwa desa Bumianyar memiliki ciri khas setiap dusunnya, seperti halnya dusun lobuk. Kawasan ini merupakan satu-satunya dusun yang masyarakatnya adalah nelayan, karena berada di pesisir utara pantai. Meskipun bukan matapencaharian utama, tetapi masyarakat lobuk setiap hari selalu berangkat nelayan bagi mereka yang memang biasa melakukannya. Cuaca ekstrim menjadi tantangan tersendiri bagi para nelayan yang sudah terbiasa menghadapi kencangnya angin dan besarnya ombak.

    Sebelum terbit fajar mereka sudah bergegas untuk berangkat mencari ikan. Gelap, angin, ombak, dingin adalah teman yang selalu menemani para nelayan. Tidak hanya pagi hari, sore sebelum tenggelamnya fajar para nelayan juga bergegas untuk melaut. Diufuk barat cahaya fajar mulai tampak menghilang dari pandangan, para nelayan akan selalu semangat untuk mencari ikan yang nantinya akan di kirim atau dijual ke pasar. Betapa bahagianaya jika para bapak nelayan mendapatkan hasil tangkapan dalam jumlah yang banyak. Raut muka yang lusuh dalam sekejap berubah menjadi sumringah karena hasil tangkapan yang banyak.

...

Batik
    Batik merupakan karya yang paling banyak diminti oleh masyarakat lokal bahkan masyarakat luar negeri. Berbicara tentang batik, Tanjung Bumi adalah salah satu kawasan yang dikenal dengan karya batiknya. Hampir setiap perempuan yang ada di Tanjung Bumi bisa membatik, tak terkecuali desa Bumianyar. Meskipun bukan pusat pengrajin batik, tetapi masih banyak pengrajin batik yang masih aktif untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada di desa Bumianyar itu sendiri. Berbagi macam motif, pola dan corak yang menjadi ciri khas batik Tanjung Bumi.
    Motif yang memang asli dari Tanjung Bumi sangat dikenal oleh masyarakat luas. Tekstur dan pola yang halus, warna yang sedikit mencolok adalah salah satu ciri khas batik Tanjung bumi. Dari kunjungan kami ke salah satu pengrajin yang masih aktif di desa Bumianyar tepatnya di dusun Lobuk yaitu ibu Hindun yang mengajarkan kami langsung bagaimana cara membatik dan mempraktikkannya secara langsung. Ilmu yang kami dapatkan sangatlah membantu kami untuk sebuah edukasi mempelajari tentang batik. Belajar membatik memang tidak bisa dilakukan hanya sesekali tetapi harus berkali-kali agar bisa secara membatik dengan baik dan benar. Tidak hanya itu, ketekunan dan kesabaran menjadi modal utama seseorang untuk membatik, dengan ilmu yang kami dapatkan dari ibu Hindun semoga bisa menambah wawasan bagi kami untuk kedepannya.


...

Peternakan

    Masyarakat Madura sangat kental dengan istilah peternakan. Berbagai macam hewan ternak yang mereka punya diantaranya sapi, kambing, kerbau, serta hewan unggas lainnya. Tidak terkecuali masyarakat Bumianyar sendiri tidak jauh berbeda dengan masyarakat Madura pada umumnya. Mereka beternak hewan-hewan tersebut pada dasarnya untuk mengisi waktu luang dan untuk investasi jangka panjang. Selain untuk bertani, mereka meluangkan waktunya untuk mencari rumput untuk makanan hewan ternaknya. Biasanya mereka mencari rumput pada pagi hari ataupun sore hari. setelah dirasa cukup untuk mereka memelihara hewan tersebut biasanya para peternak menjualnya ketempat penjualan hewan tersebut.



No comments:

Post a Comment